Senin, 10 Maret 2014

3 kata tentang surga

Al-A’raaf ayat 19 – 22

3 kata tentang surga
  1. Belum Terdengar oleh telinga
Surga tidak terdengar oleh telinga manusia. Hanya orang yang terpilih (orang beriman) yang dipanggil Allah setelah ia meninggal
2.      Kenikmatannya belum pernah terlihat oleh mata
Jika kita melihat berbagai film yang menggambarkan tentang surga, maka surga yang sebenarnya sangat jauh dari surga yang digambarkan oleh manusia
3.      Tidak pernah terlintas dalam pikiran
Tidak ada satupun dari manusia yang dapat membayangkan bagaimana indahnya surga
Setan menggoda supaya mereka menampakan aurat. Kemudian mereka menghasut Adam dan Hawa untuk memakan pohon yang dilarang oleh Allah. Mereka mengatakan bahwa Allah menyuruh supaya tidak makan pohon tersebut supaya kamu dijadikan malaikat.
Tidak puas dengan menghasut Adam, akhirnya setan menggunakan tipu daya. Ketika mereka mencicipi buah pohon tersebut, mereka langsung merasakan akibat dari perbuatan mereka tersebut. Akhirnya mereka berkata “bukannkah sudah ku bilang untuk tidak memakan pohon itu?”
Ketika Allah memberikan larangan “jangan dekati pohon ini?”. Namun ketika Adam memakan pohon tersebut ia mengatkaan “bukannkah sudah ku bilang untuk tidak memakan pohon itu?”
Ada perbedaan perkataan ketika Allah memberikan larangan dengan ketika Adam telah memakan pohon terlarang tersersebut yaiut ‘Ini’ dan ‘itu’. ‘ini’ artinya dekat sedangkan ‘itu’ artinya jauh.
Pesan cerita ini sebenarnya ada di ayat 27 yaitu “janganlah kalian tergoda oleh Setan karena seperti telah mengeluarkan orang tua kalian dari surga”. Maksudnya supaya kkita jangan mengulangi lagi perbuatan yang dilakukan Setan.
Al Imran 14 – 15
Islam sangat menghargai Fitrah manusia. Dikatakan “sudah dimaklumkan kepada manusia mengenai kecenderungan cinta kepada Allah.” Berbagai kecenderungan tersebut diantaranya :
  1. kecenderungan kepada laki-laki dan perempuan
  2. kepada Anak-anak
  3. kecenderungan terhadap ‘benda’ yang merupakan simbol emas dan perak
  4. ‘kuda pilihan’ yang merupakan simbol alat transportasi
  5. Binatang ternak atau hewan peliharaan
  6. ‘sawah’ dan ‘ladang’ yang merupakan simbol bisnis
Dan itulah kesenangan di dunia dan bagi Allah merupakan tempat kembali yang baik.
Ayat 15
Mau ga dikasih tau yang lebih baik dari yang enam point tadi? Ternyata ada yang lebih baik dari itu semua yaitu ‘surga’ yang mengalir sungai bagi orang-orang yang bertaqwa. Dan pasangan yang disucikan. Pasangan disurga tidak mempunyai Ibu tetapi langsung ada dengan sendirinya dan ia senantiasa disucikan.
Ada sebuah cerita dari seorang sahabat ketika sedang berperang kemudian tiba-tiba ia bermimpi ada perempuan yang cantik-cantik lebih dari satu. Kemudian ia disuruh untuk menemui ainul madiah. Di pintu gerbang ia menemui perempuan lagi yang kecantikannya lebih cantik dari yang sebelumnya ditemui. Dia kira mereka adalah ainul madiah. Akhirnya ia masuk kedalam, dan baruah ia bertemu dengan ainul madiah. Namun kemudian ainul madiah berkata ‘kamu belum pantas bertemu denganku, kamu masih hidup’. Tiba-tiba sahabat itu terbangun pada saat perang dan akhirnya ia meninggal dan syahid.
Dan yang paling nikmat adalah bertemu dengan Allah. Semua pengurus surga pasti melihat wajah Allah langsung.
Jadi kenikmatan disurga itu lebih dari kenikmatan didunia. Siapa saja yang masuk ke surga?
  1. Berdoa
  2. Mohon ampunan sebelum fajar
Lalu apa hubungannya dengan ayat Al- A’raaf
Bahwa memang kita dihubungkan dengan lawan jenis.
Ketika berinteraksi dengan lawan jenis ada batasannya. Batasannya seperti apa?
Setidaknya kita menghindari berkhalawat yaitu berdua-duaan dengan orang yang bukan muhrim. Kenapa dilarang? Karena yang ketiganya adalah ‘setan’. Setan akan menggoda sebagaimana mereka menggoda Adam.
Apa sih esensinya berdua-duaan? Intinya adalah berkomunikasi.
Berhubungan dengan konteks sekarang apakah dengan menggunakan BBM, skype, chatting, facebook, merupakan berkhalawat karena berkomunikasi secara berdua-dua an.
Dan setan tidak mengancam secara fisik. Yang ia goda adalah pikirannya. Sehingga kita bisa melihat sesuatu yang diluar pikirannya.
Ada sebuah kisah laki yang soleh tinggal disitu serta 3 orang bersaudara salah satunya adalah adik perempuan. Dan ketiga ini diPanggil ke medan perang. Dan mereka menginginkan untuk menitipkanya  ke orang saleh. Dan akhirnya mereka menemukannya. Yaiut si soleh tadi. Namun ia menolak karena takut tergoda. Namun akhirnya ia menerimanya namun dengan syarat ia ditempatkan di depan rumahnya. Setiap hari ia memberi makanan di depan rumah. Beberapa hari ia mengambil makanan di depan rumah dengan rumah. Suatu ketika ada setan yang menggoda. Akhirnya orang soleh ini menyapa. Awalnya say hello akhirnya ia menjadi terbiasa. Ketika selang beberapa lama, setan menggoda lago “kenapa perempuannya diluar? Ga enak dilihat orang”. Akhirnya ia diajak kedalam rumah. Sehingga singkat kata terjadilah perjinahan. Akhirnya setelah beberapa si perempuan tersebut mempunyai anak. Si soleh takut, akhirnya ia membunuh perempuan dan anaknya yang dikubur didepan rumah tersebut.
Suatu ketika 3 bersaudara ini datang, “kemana adiku?”. Si soleh mengatakan bahwa adiknya diculik. Karena mereka percaya kepada si soleh itu akhirnya mereka pun percaya juga. Suatu ketika ketiga bersaudara itu bermimpi bertemu dengan kakek dan ia menunjukan kuburan adiknya. Akhirnya ketiga bersaudara itu mengecek keberadaan perempuan tersebut dan akhirnya si soleh itu tidak bisa mengelak kebohongannya. Akhirnya berdasarkan hukum negara tersebut, si soleh itu digantung. Sampe akhir, si setan ini  menggoda si soleh lagi. “kalau kamu ingin selamat maka bersujudlah kepadaku”. Akhirnya karena tidak ada pilihan lain, maka ia bersujud kepada setan tersebut. namun, ternyata kenyataan berpihak lain. Walapun sudah bersujud namunia tetap dihukum mati.
Surat Ibrahim ayat 22
Transkip pernyataan setan

Setan berpidato “ sesungguhnya Allah memberikan kalian janji yang tidak terlihat. Dan Aku (setan) memberikan janji juga yang sebenarnya adalah bohong” setan Cuma mengajak saja namun manusia lah yang mengikutinya. Setan sendiri mengakui bahwa yang ia katakan adalah bohong. Dan ia tidak mempunyai kekuasaan.
Poskan Komentar