Selasa, 17 Juli 2012

HIKMAH HALAL BIHALAL

HIKMAH HALAL BIHALAL

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Alhamdulillahi wahdah , shodaqo wa’dah , wanashoro “abdah , wa a’azza jundahu wa hazamal ahzaba wahdah. Allohumma fasholli wasallim ‘alaa man fiihi uswatun hasanah wa ‘alaa Alihi wa ashhabihi waman walahu. AMMA BA”DU

Bpk/Ibu Hadirin Rohimakumulloh.
Setelah satu bulan penuh kita menunaikan ibadah puasa Romadhon, kita dapat berjumpa kembali dalam suasana halal bihalal yang penuh kebahagiaan, penuh keberkahan dan yang lebih penting dari itu adalah bahwa kita telah memperoleh kemenangan melawan hawa nafsu kita selama kita berpuasa Romadhon.

Sehingga yang tampak dimata saya sekarang ini insya Alloh semuanya adalah calon-calon penduduk surga. Mengapa saya katakan demikian ? karena bpk / ibu yang ada dihadapan saya sekarang ini insya Alloh memiliki ciri-ciri penduduk surga yang empat macam, apa saja : 
yang pertama wajhun malihun/wajah yang elok, cerah dan ceria
yang kedua Lisanun fasihun / lidah yang fasih.
yang ketiga Qolbun Naqiyyun / hati yang bersih.
yang kekempat Yaddun Sakhiyyun / tangan yang dermawan.

Yang sangat berbeda sekali dengan tanda-tanda penduduk neraka yang juga mempunyai empat ciri : 
yang pertama Wajhun ’Abisun / muka yang masam (spjg hdpnya cemberut melulu)
yang kedua Lisanun Fahisyun / Lidah yang keji (yg keluar dr mulutnya hanya makian, sumpah serapah, fitnah, adu domba dan kebohongan)
yang ketiga Qolbun Syadiidun/hati yang keras membatu (hati yg tdk pernah dapat menerima nasehat /masukan dari siapapun, dia merasa plg benar sendiri)
yang keempat Yaddun Bakhiilun/ tangan yang bakhil, pelit, medit, mere ge hese, merekepet jahe.

Bpk/Ibu Hadirin rohimakumulloh.

Harapan kita semoga kita semua termasuk orang-orang yang beruntung setelah menjalani Ibadah puasa romadhon selama satu bulan penuh. Amiin ya Robbal ’alamiin.

Perlu bpk/ibu ketahui ada empat gambaran keadaan manusia ciptaan Alloh, yaitu :
1. Untung di Dunia >< Rugi diakhirat (kehdpnnya berlimpah,hartanya bnyk,isterinya bnyk. Tapi tidak kenal ibadah sama sekali) = Rugi
2. Rugi di Dunia >< Untung diakhirat (hdpnya serba kekurangan tapi ibadahnya mantab)= Untung
3.Rugi di dunia >< Rugi diakhirat (sdh didunianya melarat diakhirat keblangsat) = Rugi
4.Untung didunia >< Untung diakherat (dunianya Oke, Ibadahnya juga oke)= Ini org2 yg Ideal dan sangat-sangat beruntung.

Mudah2an kita semua dijadikan termasuk golongan yang keempat dengan sababiyahnya Bulan suci Romadhon. Amin ya robbal alamiin.

Bpk/Ibu Hadirin rohimakumulloh.

Pada kesempatan kali ini kita adakan acara halal bihalal yang menjadi rangkaian dari hari raya Idul Fitri yang telah kita rayakan dua minggu yang lalu, oleh sebab itu perlu saya ingatkan sebuah amtsal yang berbunyi :
ليس العيد لمن لبس الجديد ولكن العيد لمن طاعته و تقواه تزيد و عن المعاص بعيد
"Bukanlah Ied itu bagi orang yang berpakaian baru, akan tetapi Ied itu adalah untuk orang yang ta’atnya dan taqwanya bertambah dan menjauhi segala macam bentuk kemaksiatan"

Dengan demikian orang-orang yang ta’at dan taqwanya bertambah, juga orang yang dapat menjauhi kemaksiatanlah yang dikategorikan sbg orang2 yang sukses dalam menjalani ibadah Romadhon. Sebagaimana Alloh SWT telah berfirman dalam surat Al A’la ayat 14 dan 15 :
 (15)قد أفلح من تزكي(14) وذكر اسم ربه فصلى
"Sungguh beruntung orang2 yang membersihkan diri (dengan beriman) dan ingat nama Alloh, lalu dia sholat".
Menurut keterangan dari ayat ini, tanda-tanda orang yang mendapat kemenangan dibulan Romadhon selama melakukan puasa adalah :
1. Selalu mensucikan diri dari segala bentuk kemaksiatan, kejahatan, kedzholiman , kesombongan, kemunafikan, kemungkaran, rakus harta kekayaaan dsb.
2. Selalu melakukan dzikrulloh, baik sesudah sholat maupun diluar waktu sholat. Karena dengan dzikir inilah manusia akan bersih hatinya, tenang dan selalu terkontrol tidak mudah terjerumus dalam kesesatan.
3. Selalu menegakkan sholat, terutama sholat wajib lima waktu disamping sholat-sholat sunnah lainnya dan juga menjauhi hal-hal yang menjadi penyebab ditolaknya sholat kita. Perlu bpk / ibu ketahui ada 10 gol. Yang tidak diterima sholatnya oleh Alloh SWT. Yaitu :
1.Seseorang yang sholat sendirian tanpa baca apa-apa
2.Orang yang sholat tapi tidak mau zakat.
3.Orang yang mengimami suatu kaum, tapi kaum itu membencinya.
4. Budak yang lari dari majikannya
5. Peminum khomr atau pemabuk.
6. Seorang isteri yang dimurkai suaminya.
7. Seorang perempuan yang sholat tanpa tutup
8. Pemimpin yg sombong dan kejam
9.Orang pemakan riba
10. Orang yang sholat tetapi sholatnya itu tidak mencegah dari perbuatan keji dan munkar.

Bpk/Ibu Hadirin rohimakumulloh.

Dileburnya segala kesalahan dan dosa-dosa, baik yang berhubungan dengan Alloh maupun dosa-dosa yang berhubungan dengan sesama manusia, sebagai buah dari puasa romadhon kita. 
Oleh sebab itu bila kita merasa mempunyai kesalahan dengan orang lain , janganlah segan-segan minta maaf dan ridhonya, sebab sekecil apapun nilai kesalahan akan dituntut dihadapan Alloh hakim Yang Maha Adil, bila belum kita mintakan maaf dan ridhonya dari orang yang bersngkutan. Karena itu janganlah sekali kali meremehkan kesalahan yang pernah kita perbuat pada siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Segeralah minta maaf, lebih2 pada momen2 yang tepat seperti ini. 
Sebaliknya bila kita dimintai maaf oleh yang pernah berbuat kesalahan dengan kita, janganlah berkeras hati, angkuh pendirian , kaku, tidak mau memaafkan orang lain. Sifat tercela seperti itu hendaknya lekas dibuang jauh-jauh. Itu adalah kesombongan, Alloh SWT saja mau memaafkan kesalahan hambanya sebesar apapun, tapi justru kenapa kita tidak bisa. Bpk/Ibu yang saya hormati, janganlah kita merasa sok suci, marilah sama-sama kita sadari bila orang lain bisa melakukan kesalahan terhadap kita, maka tidak menutup kemungkinan kita juga suatu saat bisa berbuat salah kepada orang lain. 
Ada yang Bpk/Ibu perlu ketahui orang yang tidak mau memaafkan orang lain berarti dia tidak pernah merasa salah, merasa paling suci dari pada orang lain Ini sifat yang sangat berbahaya sekali dan Alloh SWT. Sangat melarangnya ”Janganlah kamu menganggap dirimu sendiri telah suci.Alloh lebih tahu siapa-siapa orang yang bertakwa”. Karena itu janganlah berkeras hati , angkuh pendirian , tidak mau memaafkan orang lain. Ingatlah bahwa orang hidup itu lemas orang mati itu kaku. Oleh sebab itulah, Bpk/Ibu sdrku seiman seagama janganlah kita kaku seperti orang mati tidak mau memaafkan orang lain . Marilah kita berdoa kepada Alloh agar halal bihalal kita diterima oleh Alloh SWT. Dengan ucapan : "Taqobbalallohu minna wamingkum taqobbal ya kariim"

DOA :

Terimakasih ya Alloh, Engkau telah memberikan berbagai macam kenikmatan zhohir dan batin kepada kami…  Bimbing kami ya Alloh agar selalu bisa mensyukuri nikmat-nikmat Mu dengan syukur yang dalam, dengan syukur yang sungguh-sungguh.
Terimakasih ya Alloh, Engkau telah memberi kesempatan dan kekuatan kepada kami, untuk bisa hadir dimajlisMu yang mulia ini ya Alloh, berikan pertolongan Mu kepada kami, agar kami selalu dapat menjalankan perintah Mu dan menjauhi laranganMu,
Ya Alloh sempurnakan agama kami, berikan kemampuan kepada kami agar kami bisa berziarah kekota Mekah dan Madinah, mengunjungi ka’bahMu yang Mulia…, ampuni semua dosa kami, berikan kepada kami hati yang bersih, hilangkan dari hati kami kebencian, dendam dan kedengkian.
Bersihkan kotoran-kotoran batin dari hati kami ya Alloh…, sempurnakan ibadah kami dengan ikhlas dan istiqomah.
Ya Alloh … sekelam apapun masa lalu kami hapuskanlah ya Alloh.., sebanyak apapun kesalahan kami maafkan ya Alloh, sebesar apapun dosa-dosa kami ampuni ya Alloh.., ampuni kami semua jama’ah yang hadir di majlis ini ya Alloh.., jika sampai hari ini masih sering kau saksikan kami melangkah ketempat-tempat yang tidak Engkau Ridhoi.. ampuni kami ya Alloh, jika amal kami tidak sesuai dengan yang Engkau kehendaki ampuni ya Alloh…, jika kami sering melakukan hal-hal yang mendatangkan murka Mu ampuni kami ya Alloh..,Jika kesibukan kami dengan pekerjaan kami , sering membuat kami lupa beribadah kepada Mu ampuni ya Alloh…
Ya Alloh…, ya ‘Afuwwu.., Ya Ghofuur, ampuni semua dosa-dosa kami  ya Alloh.., karena tanpa ampunan Mu, tanpa rohmat kasih sayang Mu.., niscaya kami akan menjadi orang-orang yang hina dan celaka dunia akhirat.
Ya Alloh ...Pada malam  ini kami yang kecil duduk bersimpuh dihadapanMu.. Tiada daya dan upaya hanya dariMu ya Alloh, dariMu keselamatan, dariMu keberkahan, lunakkan hati kami ya Alloh, beri kesempatan kami untuk menyesali dosa-dosa kami. 


Ya Alloh ....Kami dengan pakaian yang dilumuri noda-noda kebodohan, bintik-bintik kemusyrikan, bintik-bintik kemunafikan .. memohon kepadaMu Ya Alloh ,bersihkan diri kami , hilangkan bintik dan noda kotoran dari kami , pandanglah kami , beri jalan kami, luruskan jalan yang kami tapak , mudahkan dan jelaskan tempat yang kami tuju.


Ya Alloh....Rasanya kami malu untuk memohon ini, namun karena meninggalkan bulanMu yang suci kami lebih malu kalau keluar dalam keadaan kotor... kami minta karuniaMu, kemurahan dan ampunanMu agar kami keluar dari Bulan Romadhon dengan bersih aman, damai dan sentosa tiada suatu ganjalan yang membuat amalan kami tertahan untuk menghadapMu...


Ya Alloh ..Hilangkan dendam diantara kami, hasud dengki yang menghiasi hati kami, Ria’-sombong yang selalu kami jalani .. Hanya karena ampunanMulah ..dan hanya karena keperkasaanMulah , Engkau menghapuskan segala dosa yang telah kami perbuat ..

Ya Alloh ... dimalam ini , kami memohon padaMu .. janganlah kau siksa kami karena kehilapan kami, kesalahan kami dan janganlah kau bebankan kepada kami apa yang tidak mampu untuk memikulnya, terangi kami sempurnakan cahaya kami, agar kami tidak termasuk orang-orang yang sesat.
Pada malam ini, kami mengakui akan segala perbuatan kami : kami melawan orang tua kami..kami membentak ! menghardik ! Kamipun merasa berdosa terhadap tetangga kami.., terhadap sesama kami rekan guru dan pimpinan kami .. kami menggunjing, mengumpat bahkan memfitnah...! tapi kalbu ini seperti beku , tak merasakan dinginnya ayat-ayatMu, telinga kami tuli.. sehingga sering kami mengabaikan panggilanMu padahal kami mampuh untuk datang...

Hanya Engkaulah yang tahu ya ..Alloh, akan segala detak jantung kami , desah nafas kami .Yang kami lakukan kadang bukan untukMu ya Alloh..
Ya Allah jika begitu lama kami melalaikan perintah-Mu. Jika bertahun-tahun kami terpedaya oleh hawa nafsu kami sehingga lalai dari jalan-Mu, jika dengan sengaja atau tidak sengaja, dengan terang-terangan atau sembunyi-sembunyi kami telah berbuat durhaka kepada-Mu dan telah menganiaya diri kami sendiri. Maka maafkanlah kami dan ampunilah dosa-dosa kami. Innaka ‘Afuwwun Tuhibbul ‘Afwa Fa’fu ‘Anna.
Ya Allah yang Maha Kuat! berikanlah kami kekuatan agar kami mampu memikul beban yang dititipkan di pundak kami, Ya Allah yang maha Maha Kaya lepaskanlah kami dari lilitan utang dan kesulitan ekonomi kami, Ya Allah yang Maha  Penyayang buanglah rasa benci dan dendam yang bersemayam di dalam dada kami, Ya Allah yang Maha Pengasih tanamkanlah dalam dada kami rasa kasih kepada orang tua kami, anak-anak kami, dan saudara-saudara kami. Ya Allah yang Maha Mendengar lagi Maha Penerima Taubat dengarlah permohonan kami dan terimalah taubat kami. Innaka Antas Samiud Du’a wa Innaka Antat Tawwabur Rahim.

Ya Allah Ya Rabb, anugerahkan rasa syukur kepada kami agar kami dapat mengerti arti jasa ibu bapak kami, terkhusus ibu kami, yang bersedia dengan tulus menampung kami selama berbulan-bulan di dalam rahimnya dalam keadaan lemah dan bertambah lemah, yang rela bersakit-sakit bersimbah darah ketika melahirkan kami, yang bersedia mempertaruhkan nyawanya demi agar kami dapat menghirup udara kehidupan, yang bersedia terganggu tidurnya setiap malam demi agar kami dapat tertidur lelap, yang bersedia menahan rasa lapar dan dahaganya demi agar kami dapat merasakan kenyang.
Ya Allah Ya Rabb, kami tahu keridhaan-Mu terdapat pada keridhaannya dan kemurkaan-Mu terdapat pada kemurkaannya, maafkan kami jika selama ini khilaf telah melukai hatinya atau membuatnya tidak ridha kepada sikap dan tingkah laku kami. Maafkan kami ya Allah jika kami tidak mampu membalas kebaikannya. Kami tahu bahwa yang ia butuhkan dari kami bukanlah materi dan harta tapi cinta dan kasih sayang kami seperti ia menyayangi kami di waktu kecil. Maafkan kami jika ia sakit kami tak menjenguknya. Jika ia butuh, kami tak di sampingnya. Jika ia merindukan kami, kami tak datang menyapanya. Ya Allah ya Rabb Jadikanlah kami hamba-hamba yang siap mengistimewakannya di dalam hati kami, lalu mau membalas jasa-jasanya, meski kami sadar tidak akan mampu membalasnya. Karena kami tahu Ya Alloh, setetes air susu ibu yang telah kami minum tidak akan terbayarkan meskipun diganti dengan nyawa dan semua harta yang kami miliki.. ya Alloh...
Ampuni dosa-dosa kedua orang tua kami ya Alloh.., darah daging mereka melekat pada tubuh kami, jasa-jasa mereka tak mungkin terbalaskan oleh kami, kami bisa seperti ini karena jasa-jasanya, kami menjadi seperti ini karena perjuangannya.
Ampuni kami ya Alloh …, jikalau sampai hari ini, kami belum bisa berbakti kepadanya, kami belum bisa membalas budinya…, maafkan kami pernah membentaknya, kami pernah menyia-nyiakannya, kami pernah menzholiminya, kami pernah berkata kasar kepadanya.., bahkan kami pernah menyuruh-nyuruhnya ya Alloh..Jadikan sisa umur kami ini menjadi anak yang berbakti kepadanya, memulikannya dunia akhiratnya ..
Ya Alloh.., berikan kepada kami keluarga yang  mawadah wa rohmah..sakinah, karuniakan kepada kami anak yang sholih sholihah, anak-anak yang berbakti kepada kami, anak-anak yang selalu menghormati kami, tahan mereka agar tidak berkata kasar kepada kami, mekipun kami kurang bisa menahan diri untuk tidak berkata kasar kepada mereka, sayangi kami dengan pelayanan mereka ya Alloh meskipun kami kurang sabar dalam melayani mereka.., jadikan anak-anak kami, anak-anak yang taat dan berbakti kepada kami…. Hindarkan kami dari anak-anak yang durhaka, hindarkan kami dari anak-anak yang tidak yang tidak menghormati kami, jauhkan kami dari anak-anak yang membuat kami malu dunia dan akhirat,
Berikan kepada kami anak-anak yang menunggu kami di tahta Surga-Mu ya Alloh..,bukan anak-anak yang menjerumuskan kami kedalam jurang neraka Mu…
Ya Alloh..,( karuniakan kepada kami husnul khootimah 3X), panggil kami kalau waktunya tiba… pada waktu yang terbaik, ditempat yang terbaik, dalam keadaan yang terbaik….
Ya Alloh.., ketika ajal kami tiba nanti, jangan Kau cabut nyawa kami disaat tidak ada seorangpun disamping kami ya. Alloh..
Ketika kami naza’ menghadapi sekaratul maut, hadirkan anak-anak kami sejauh apapun mereka berada, hadirkan mereka disekeliling kami ya Alloh…, jangan kau biarkan kami sendirian disaat kami takut dan berat berpisah dengan mereka, ….
Ketika kami menghadapi maut ya.. Alloh.., genggamkan tangan kami dengan tangan mereka, satukan tubuh kami dalam dekapan mereka, bimbing kamii… talqin kami dengan kalimat tauhid
LAA ILAAHA ILLALLOH dengan lisan mereka ya Alloh..,tempelkan lisan mereka ditelinga kami, agar mereka bisa menuntun kami menyebut asmaaa Mu.. ALLOH…ALLOH…ALLOH…., , sehingga kami meninggalkan dunia yang fana ini dengan menyebut nama Mu.. yaa Alloh….
Ketika  kami telah mati nanti ya.. Alloh..,mandikan jenazah kami dengan tangan-tangan mereka, bersihkan kotoran-kotoran kami yang tersisa dengan tangan-tangan mereka, karena Engkau mengetahui  betapa tangan-tangan ini dulu ikhlas membersihkan kotoran mereka.. ketika mereka masih kecil ya Alloh..,kafani jenazah kami dengan tangan-tangan mereka.., satukan kedua tangan didada kami dengan jari-jari mereka, sholati jenazah kami dengan barisan mereka, angkat jenazah kami dengan pundak-pundak mereka..,,masukkan jasad kami ke liang lahat bersama doa-doa  mereka, sinari kubur kami dengan lantunan ayat-ayat Al-Qur’an yang dikumandangkan oleh mereka, bebaskan kami dari azab kubur atas doa dan kesholihan mereka, syafa’ati kami diakhirat nanti dengan kesholihan mereka yaa Alloh….
Ya Alloh.. hanya Engkaulah yang Maha Segalanya, Engkau penggenggam alam semesta ya Alloh jangan biarkan kami berharap, kecuali hanya berharap kepada Mu, jangan biarkan kami mohon perlindungan kecuali cukupkan hanya mohon perlindungan Mu ya Alloh…Jangan biarkan kami dihina dan direndahkan oleh dunia ini, melainkan titipkan kepada kami dunia yang berkah, bisa membuat hidup kami bermanfaat dan kekal bahagia diakhirat nanti…

Ya Alloh .... Bersihkan hati kami dari unsur-unsur kemunafikan , segala amal kami dari unsur riya’, lisan kami dari unsur dusta, mata kami dari unsur khianat. Karena sesungguhnya hanya Engkaulah yang mengetahui khianat mata dan segala sesuatu yang tersimpan rapat dalam dada.
Ya Alloh .... Rahmatilah keterasingan kami didunia ini, rahmatilah kesendirian kami nanti dialam kubur dan rahmatilah kami ketika kami berdiri menghadapMu..

Ya Alloh... Hiburlah diri kami sewaktu kami sendirian dialam kubur, hilangkan ketakutan kami pada hari kebangkitan dan ketika dikumpulkan dipadang Mahsyar dan permudahlah segala urusan kami wahai Dzat Yang Maha Hidup pemilik segala keagungan dan kemuliaan.
Ya Alloh ... Jadikanlah kami orang yang berhasil menggapai maghfiroh dan ridhoMu. Jadikan kami termasuk golongan orang-orang yang diterima segala amalnya pada bulan Romadhon Tahun ini dan berikanlah kepada kami pahala dan anugerah yang melimpah.
Ya Alloh ... Perbaikilah agama kami yang merupakan penjaga urusan kami, perbaikilah dunia kami yang merupakan tempat hidup kami, perbaikilah akhirat kami yang merupakan tempat kembali kami dan jadikan kehidupan kami sebagai penambah kebaikan kami serta jadikanlah kematian kami sebagai istirahat kami dari segala keburukan..


ربنا أتنا في الدنيا حسنة وفي الاخرة حسنة و قنا عذاب النار

Billahit taufuq Wal Hidayah Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
Posting Komentar